Thursday, January 24, 2013

Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Cocok Untuk Pemula

Memilih bisnis waralaba adalah hal yang gampang-gampang susah untuk pemula. Kali ini kita akan membahas tentang tips memilih bisnis waralaba, khususnya di bidang kuliner.

Bisnis waralaba kuliner saat ini memiliki persaingan yang cukup kompleks, mengingat sudah banyak sekali jenis makanan yang beredar dipasaran. Namun, bagi seorang entrepreneur hal ini justru menjadi peluang. Dengan sentuhan kreatifitas dan keunikan bisa menjadikan usaha kuliner kita jadi primadona masyarakat.

Untuk Anda yang baru memulai bisnis waralaba, berikut ini ada beberapa tips atau saran yang dapat Anda pertimbangkan:

Pertama, siapkan mental sekaligus mindset positif Anda. Karena usaha waralaba kuliner atau waralaba makanan memiliki persaingan yang ketat. Kerja keras dan kreatifitas mutlak diperlukan. Selain itu juga mental pantang menyerah dan siap bangkit apabila mengalami kegagalan.

Kedua, pelajari seluruh penawaran bisnis waralaba yang biasanya diberikan para franchisor kepada Anda. Selain itu Anda juga perlu untuk berkunjung ke para penerima waralaba yang telah terlebih dahulu membeli franchise tersebut. Hal ini penting untuk mendapatkan pengalaman dan kiat-kiat sukses dari mereka.

Pengalaman dari mereka akan mempercepat proses bisnis yang Anda lakukan nantinya. Sehingga Anda tidak perlu mengalami trial and error dalam perjalanan bisnis waralaba Anda.

Ketiga, pilih bisnis waralaba yang memiliki keunikan atau diferensiasi produk. Salah satu contohnya adalah waralaba Radja Pizza yang menawarkan produk pizza namun dengan harga yang terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Keempat, Anda perlu juga untuk mempelajari Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2007 tentang Waralaba. Dalam peraturan pemerintah itu terdapat penjelasan mengenai berbagai hak dan kewajiban para franchisor maupun franchisee, bagaimana melakukan perjanjian kerjasama yang benar, dll.

Kelima, perhatikan selalu kualitas makanan yang Anda sajikan. Standarisasi kualitas atau SOP dari sistem yang berlaku mutlak untuk dijalankan. Maka, pengawasan dan motivasi kepada karyawan secara rutin juga perlu untuk Anda lakukan.

Semoga beberapa tips tentang bisnis waralaba untuk pemula diatas dapat membantu Anda untuk memilih dan melakukan langkah-langkah berbisnis waralaba, utamanya di bidang kuliner. Semoga sukses!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment