Friday, January 25, 2013

Bisnis Waralaba Murah Jadi Solusi Untuk Pemula

Pada artikel sebelumnya kita membahas tentang tips memilih bisnis waralaba yang cocok untuk pemula. Kali ini kita akan mengkaji tentang bisnis waralaba murah.

Sebagaimana kita ketahui sebelumnya bahwa waralaba merupakan suatu bentuk kerjasama atau kemitraan bisnis antara perusahaan pemilik merk/sistem (franchisor) dengan pihak pengguna merk/sistem (franchisee). Dalam kerjasama tersebut, pihak franchisor memiliki kewajiban untuk memberi hak guna merk, sistem manajemen dan pemasaran, hingga bantuan teknis untuk pihak Franchisee.


Dalam kerjasama sistem waralaba ini Franchisee memiliki kewajiban untuk terlebih dahulu melakukan pembelian lisensi atau hak guna waralaba. Selanjutnya (sesuai kesepakatan) Franchisee juga diharuskan untuk menyisihkan beberapa persen omzetnya setiap bulan sebagai fee untuk Franchisor.

Nah, bagi pewaralaba pemula sebagian besar terlalu berat untuk membayar pembelian lisensi waralaba. Karena pada umumnya harga lisensi untuk mendirikan cabang waralaba cukup malah. Mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan beberapa pewaralaba mewajibkan mitranya untuk melakukan pembelian peralatan secara langsung dari pusat yang tentunya dengan harga cukup mahal.

Namun, seiring berkembangnya gairah Entrepreneurship di Indonesia, jumlah bisnis yang diwaralabakan juga semakin banyak. Kini bisnis waralaba murah sudah banyak tersedia diberbagai daerah. Bisnis waralaba murah tersebut juga sudah merambah ke berbagai bidang usaha. Salah satunya adalah bidang kuliner yang dilakukan oleh RadjaPizza.

RadjaPizza adalah perusahaan yang menerapkan bisnis waralaba murah. Dengan dana investasi mulai dari 15 juta rupiah, siapapun sudah bisa menjadi mitra usaha RadjaPizza.

Bisnis waralaba murah adalah solusi untuk pemula, terutama yang baru pertama kali melakukan bisnis waralaba. Dengan modal yang tidak terlalu besar, dapat menjadi batu loncatan untuk belajar dan memperoleh pengalaman, karena jika ada kegagalan resiko yang ditanggung juga tidak terlalu besar.

Setelah berhasil menjalankan bisnis waralaba murah, Anda bisa memutuskan apakah akan mencoba berinvestasi waralaba dengan budget yang lebih mahal atau ingin membuka bisnis waralaba murah di beberapa cabang lagi. Karena sebagaimana hukum investasi, semakin mahal budget yang kita keluarkan dan semakin tinggi resikonya maka peluang keuntungannya juga semakin besar.

No comments:

Post a Comment