Tuesday, January 22, 2013

Potensi Menjanjikan di Bisnis Waralaba Makanan

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bisnis waralaba makanan yang selama ini menjadi primadona di kalangan franchiser Indonesia.

Saat ini ada berbagai macam jenis waralaba makanan yang bisa kita pilih. Beragamnya pilihan waralaba makanan ini dikarenakan potensinya yang masih sangat menjanjikan, terutama di Indonesia. Bahkan para pebisnis kuliner sering mengatakan bahwa bisnis kuliner di Indonesia akan terus tumbuh karena setiap orang punya perut dan mereka setiap hari pasti butuh makan.

Tahukah Anda bahwa waralaba makanan di Indonesia ternyata sudah ada sejak tahun 1970-an. Selanjutnya pada tahun 1990-an usaha waralaba makanan di Indonesia semakin berkembang seiring berkembangnya usaha lain yang di franchise kan.

Saat itu perkembangan bisnis waralaba kuliner di Indonesia masih didominasi oleh orang asing. Ketika Indonesia mengalami keterpurukan ekonomi (krisis moneter), mereka melihat adanya peluang yang cukup cerah di bisnis kuliner. Apalagi jika dihitung, omzetnya juga cukup menggiurkan.

Kini, seiring berkembangnya gaung entrepreneurship di Indonesia, para pengusaha muda berbondong-bondong merintis usaha kuliner dan mulai mem-franchise-kan usaha mereka. Sehingga variasi waralaba kuliner lokal semakin hari semakin banyak. Salah satu dari sekian variasi tersebut adalah waralaba makanan Radja Pizza yang saat ini sudah punya cabang hampir 60 cabang di seluruh Indonesia.

Lalu mana yang paling potensial? Untuk menentukan hal ini, kita bisa melakukan survey. Survey yang kita lakukan meliputi survey internal dan survey eksternal.

Survey internal meliputi modal, sumber daya manusia, serta sarana yang kita miliki. Tentu hal-hal tersebut akan menentukan pilihan segmentasi kuliner mana yang akan kita garap.

Selanjutnya adalah survey external. Dalam menjalankan bisnis waralaba makanan, tentu kita harus mengetahui apakah bisnis yang akan kita buka cocok atau sesuai dengan daerah yang kita pilih, jenis makanan/minuman apa saja yang sesuai dengan selera masyarakat disana, dsb.

Setelah kita melakukan survey internal dan survey eksternal secara mendalam, dari sini kita bisa memutuskan waralaba makanan yang mana yang akan kita pilih.

Meski demikian, bukan berarti hasil survey akan menjamin kesuksesan usaha yang kita jalankan. Namun, saya rasa bagaimanapun hasil survey yang kita lakukan sangat penting dan kedepannya akan bermanfaat dalam proses kita menjalankan bisnis waralaba makanan.

No comments:

Post a Comment