Saturday, January 26, 2013

Kesuksesan Usaha Waralaba dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Walaupun memiliki standarisasi produk, sistem, dan manajemen yang sama, namun kesuksesan usaha waralaba untuk suatu merk bisa berbeda antara cabang satu dengan cabang lainnya.

Mungkin jika Anda pernah berkunjung di suatu kota dan menjumpai suatu usaha waralaba yang sepi dari pembeli. Sementara itu Anda menjumpai usaha waralaba dengan merk yang sama ditempat lain sangat laris dan kebanjiran pembeli. Kemudian, dalam benak kita pun terpikir apakah yang salah dari usaha waralaba ini? Kenapa yang satu sepi sementara lainnya ramai? Padahal merk, produk, sistem, hingga manajemennya memiliki standar yang sama.

Jika kita telaah lebih lanjut dari pengalaman beberapa frianchisee, hal itu kemungkinan besar dikarenakan pemilihan lokasi usaha yang kurang tepat.

Memilih lokasi usaha adalah salah satu hal terpenting yang harus kita pikirkan saat akan membeli izin sebuah usaha waralaba. Hal ini tidak dapat dianggap sepele karena jika salah menentukan lokasi dapat berakibat fatal terhadap keberlangsungan usaha yang kita jalankan.

Lalu bagaimana cara untuk memilih lokasi usaha waralaba secara tepat? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah meminta bantuan franchisor (pewaralaba/pemilik merk) untuk melakukan survey terhadap lokasi yang Anda pilih. Tentunya sebelumnya Anda sudah memiliki beberapa titik lokasi yang Anda jadikan pilihan untuk mendirikan usaha.

Beberapa franchisor mungkin tidak memberikan fasilitas survey lokasi kepada mitra nya. Jika hal ini terjadi, Anda tetap harus berhati-hati. Anda dapat meminta bantuan konsultan atau rekan Anda yang lebih berpengalaman. Sehingga lokasi yang dipilih benar-benar sesuai dengan target pasar Anda. Jenis produk dan harga yang Anda jual hendaknya sesuai dengan kondisi ekonomi dan sosial dari masyarakat di sekitar lokasi Anda berjualan.

Contohnya, apabila Anda ingin membuka usaha waralaba yang menjual perlengkapan anak sekolah, maka tempat atau lokasi yang tepat adalah yang tidak jauh dari sekolah tersebut. Bahkan, jika lokasi Anda paling dekat dari yang lain maka sebagian besar siswa di sekolah tersebut bisa menjadi konsumen Anda.

Semoga dengan pemilihan lokasi yang tepat akan membantu usaha waralaba Anda berkembang lebih cepat.

Salah satu peluang usaha waralaba yang dapat Anda pilih adalah Radja Pizza. Usaha ini memiliki produk yang menarik berupa makanan pizza yang saat ini sedang naik daun namun dengan harga yang sangat terjangkau. Silakan kontak langsung ke 081.327.142.023 atau kunjungi website resmi www.radjapizza.com untuk mendownload buku panduan bisnis pizza.

No comments:

Post a Comment